I LOVE ADVENTURE

I LOVE ADVENTURE

Rabu, 08 Oktober 2014

Posted by Unknown | File under :
PENGERTIAN B2B
B2B (Business To Business) adalah sistem komunikasi bisnis online antar pelaku bisnis secara elektronik antar perusahaan secara rutin dan dalam kapasitas produk yang besar. 
B2B mengunakan transaksi antara bisnis-bisnis yang dilakukan secara elektronik melalui Internet, intranet, ekstranet, atau jaringan privat.

MANFAAT
  • Hemat waktu dan praktis Menu dalam situs layanan B2B khusus hanya menyediakan kebutuhan produk pelanggan terkait, tanpa harus repot mencarinya dalam katalog produk atau daftar kategori produk umum Kawan Lama yang lainnya.
  • Efektif dan efisien Pelanggan B2B tidak perlu melewati proses negosiasi harga yang panjang, karena sudah dilakukan pada awal kesepakatan kerja sama.
  • Keuntungannya besar Mengurangi biaya perusahaan untuk administrasi, surat menyurat transaksi, ataupun untuk riset harga pasar.
  • Kerahasiaannya aman dan terjamin Sistemnya menggunakan tingkat keamanan yang tinggi dengan protocol secure socket layer 256 bit untuk menjaga keamanan data pelanggan.
  • Transaksi yang transparan Layanan ini mendukung good corporate governance. Setiap transaksi mudah dipantau karena sistem selalu memberikan rekam jejak transaksi melalui e-mail notifikasi kepada buyer (bagian purchasing) atasan (pemberi approval), hingga user, ataupun yang berhak mendapatkan informasi tersebut di perusahaan sesuai dengan kesepakatan. Ini meningkatkan kontrol perusahan terhadap proses transaksi.
KARAKTERISTIK
  • Pertukaran informasi yang dilakukan antar pembisnis tersebut atas dasar kebutuhan dan kepercayaan.
  • Pertukaran Informasi yang dilakukan dengan format yang sudah disepakati dan Service sistem yang digunakan antar kedua pembisnis juga menggunakan standard yang sama.
  • Salah satu pelaku bisnis tidak harus menunggu rekan bisnisnya untuk mengirimkan datanya.
  • Sarana yang digunakan EDI (Electronic Data Interchange )
  • Model yang umum digunakan adalah peer-to-peer, dengan model ini antar pelaku bisnis lebih mudah untuk mendistribusikan informasi yang dimilikinya
MODEL B2B
  • Buyer-oriented (Satu pembeli dari banyak penjual)
  • Selller-Oriented (satu penjual kepada banyak pembeli)
  • Perbaikan rantai pasok dan perniagaan kolaboratif/ Collaborative Supply Chain Management (aktivitas selain dari penjualan dan pembelian antara patner  busines, misalnya perbaikan rantai pasok, pengkomunikasian,  pengkolaborasian dan sharing informasi untuk perancangan dan perencanaan gabungan)
  • B2B (Business to Business) Exchange
Gagasan dasar dari B2B (Business to Business) Exchange adalah membuat suatu perusahaan lebih mudah untuk menemukan barang-barang atau peralatan yang mereka butuhkan, bertransaksi dengan cepat dan lengkap, dan untuk menyimpan uang sampai ada produk yang diperjual-belikan dengan skala besar.

Klasifikasi B2B (Business to Business) Exchange
  • Systematic Sourcing adalah  pembelian dilaksanakan dalam jangka panjang (hubungan antar supplier dengan pembeli).
  • Spot Sourcing adalah pembelian tidak direncanakan, dibuat seperti membeli kebutuhan.
  • Vertical Exchange adalah suatu pertukaran yang anggotanya adalah di (dalam) [satu/orang] industry atau industry segmen.
  • Horizontal Exchange adalah suatu pertukaran yang menangani material menukar/menambah beberapa industry yang berbeda.
AKTIVITAS B2B



Gathering of Market Intelligence
  • Mengumpulkan informasi secara lengkap mengenai produk yang ingin dibeli atau jasa yang ingin dipergunakan.
  • Mulai dari spesifikasi, service, kualitas dan kuantitasnya.
Prepurchasing (langkah-langkah mengawali sebuah pemesanan)
  • Menyiapkan proposal pembelian.
  • Melakukan survey mengenai banyaknya permintaan.
  • Menyediakan spesifikasi.
  • Negosiasi
Purchasing (langkah-langkah dalam penetapan order)
  • Menyiapkan pemesanan (ordering).
  • Persetujuan pengiriman (delivery).
  • Persetujuan pemesanan (acknowledgement).
Shipping & Penerimaan Barang
  • Menginformasikan jadwal pengiriman barang.
  • Mendapatkan faktur penerimaan barang.
Pembayaran
  • Pembayaran dilakukan melalui bank atau dapat dilakukan secara online.

B2B (Business to Business) Marketplace



  • One to Many adalah pasar yang dikelolah oleh satu perusahaan (supplier) yang menyediakan mulai dari catalog penawaran produk dan harganya.
  • Many to One adalah pasar yang dikelola oleh banyak perusahaan (supplier) untuk mendapatkan satu pembeli dengan cara tender.
  • Some to Many adalah gabungan dari beberapa perusahaan sejenis yang menggabungkan produk-produk mereka untuk ditawarkan kepada banyak pembeli.
  • Many to Some adalah perusahaan-perusahaan yang menggabungkan catalog pembelian mereka untuk menarik perusahaan supplier untuk mendapatkan harga yang lebih murah.
  • Many to Many adalah pasar yang dikelolah oleh banyak perusahaan (supplier) dan banyak perusahaan pembeli yang memungkinkan untuk terjadinya proses lelang yang dinamis.
Contoh WEB B2B (Business to Business)
Click and Mortar (Partial B2B (Business to Business))
Pendorong lahirnya Business to Business (B2B)
  • Globalisasi
  • Mengurangi sekat untuk masuk  (Reduced barriers to entry)
  • Deregulasi (De-regulation)
  • Increased number of supplier
  • Permintaan konsumen dan tekanan harga
  • Tekanan untuk mereorganisasi nilai rantai





0 komentar:

Posting Komentar