LAPORAN
“RANCANGAN PERENCANAAN E-BUSINESS UKM BAKPIA YUMNA”
Disusun Oleh:
RIZAL LAZUARDI
13.0101.0122
FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014
Di tengah semakin majunya dunia teknologi dan semakin banyaknya kebutuhan akan pelayanan dalam dunia bisnis untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan melengkapi aplikasi dalam suatu organisasi maka di lahirkanlah tren e-business. Berbagai konsumen baik dari kalangan menengah hingga atas selau menuntut adanya controling kualitas dari barang yang diproduksi. Selain dari perusahaan yang menyediakan kebutuhan untuk masyarakat, ada juga Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menyediakan barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
BAB I. PENDAHULUAN
A. Latar
Belakang
Di tengah semakin majunya dunia teknologi dan semakin banyaknya kebutuhan akan pelayanan dalam dunia bisnis untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan melengkapi aplikasi dalam suatu organisasi maka di lahirkanlah tren e-business. Berbagai konsumen baik dari kalangan menengah hingga atas selau menuntut adanya controling kualitas dari barang yang diproduksi. Selain dari perusahaan yang menyediakan kebutuhan untuk masyarakat, ada juga Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menyediakan barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
Perkembangan
bakpia sebagai komoditi dagang di industri makanan dan kuliner berkembang pesat
di Magelang, sehingga industri bakpia sebagai industri kuliner pun berkembang
mengikuti permintaan konsumen yang juga semakin meningkat. Dampak positif dari
perkembangan ini juga meningkatnya jumlah usaha kecil menengah (UKM) yang
memproduksi bakpia, dimana keberadaan UKM ini membantu menciptakan lapangan
pekerjaan tersendiri. Dengan memiliki tempat usaha di daerah magelang, pemasaran
masih menggunakan cara yang sangat sederhana dan dengan media sales /
pengiriman ke pasar-pasar atau ke konsumen, dengan cara itu maka pemasaran
tidak lah efektif.
Karena
pada era ini perkembangan Information Technology (IT) mempunyai pengaruh yang
cukup besar, Maka dari itu pembuatan website untuk media penjualan merupakan
media yang sangat tepat untuk dijadikan media promosi produk suatu perusahaan
atau UKM itu sendiri. Dengan adanya e-commerce yang ada nantinya, akan
mempermudah baik konsumen maupun produsen atau pemilik toko tersebut. Sebut
saja sebagai contoh, biaya operasional dapat lebih murah dan manajemen dalam
perdagangan produk lebih efektif dan efisien.
B. Rumusan
Masalah
- Apa sajakah yang dibutuhkan
dalam pembuatan sistem penjualan dengan media online?
- Berapakah perkiraan biaya yang
dibutukan?
- Bagaimana bentuk rancangan website sebagai media promosi kue basah UKM BAKPIA YUMNA yang lebih efktif dan efisien?
C. Tujuan
- Memudahkan konsumen untuk
mendapatkan kue basah UKM BAKPIA YUMNA dengan adanya web yang tersedia
- Memperluas jangkauan pemasaran
dan konsumen melalui internet.
- Mengimplementasikan E-business
dalam segi pelayanan konsumen, keamanan, transaksi penjualan dan
pembelihan hingga pengiriman barang.
BAB
II. TINJAUAN PUSTAKA
A.
Pengertian
E-Business
E-Bisiness
adalah Penggunaan teknologi elektronik pada transaksi
bisnis.E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja
meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan
dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).
B.
E-Commerce
·
Pengertian
E-Commerce
Adalah
penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa
melalui
sistem elektronik seperti internet atau televisi, www,
atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer
dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori
otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi
informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan
penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan
transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply
chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online
(online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction
processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange
/EDI), dll.
·
Ruang Lingkup
E-Commerce
Merupakan
lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas
serta terpenting dan terbesar dari e-business adalah ecommerce, dimana
berbagai aktivitas transaksi jual beli dilakukan melalui medium internet.
Salah satu cara
yang dapat dipergunakan untuk dapat mengerti batasan-batasan dari sebuah
e-commerce adalah dengan mencoba mengkaji dan melihat fenomena bisnis tersebut
dari berbagai dimensi, yaitu :
a)
Teknologi
Kontributor terbesar yang memungkinkan terjadinya e-commerce adalah teknologi informasi, karena jual beli di dunia maya terbentuk karena terhubungnya berjuta-juta komputer ke dalam sebuah jaringan raksasa (internet).
Kontributor terbesar yang memungkinkan terjadinya e-commerce adalah teknologi informasi, karena jual beli di dunia maya terbentuk karena terhubungnya berjuta-juta komputer ke dalam sebuah jaringan raksasa (internet).
b)
Marketing dan “New Consumer Processes”
Dari segi
pemasaran Melalui e-commerce jangkauan sebuah perusahaan menjadi semakin luas
karena yang bersangkutan dapat memasarkan produk dan jasanya ke seluruh dunia
tanpa memperhatikan batasan-batasan geografis.
c)
Electronic Linkage
Dengan adanya
e-commerce, maka dua buah divisi dapat bekerja sama secara efisien.
d)
Information Value Adding
Di dalam
e-commerce, bahan baku yang paling penting adalah informasi. proses
pertambahan nilai (value adding processes) menjadi kunci terselenggaranya
sebuah mekanisme e-commerce.
e)
Market-Making
Keberadaannya
secara langsung telah membentuk sebuah pasar perdagangan tersendiri yang mempertemukan
berjuta-juta penjual dan pembeli di sebuah pasar digital maya (e-market).
f)
Service Infrastructure
Konsep
e-commerce ternyata tidak hanya membuahkan mekanisme transaksi jual
beli, namun ternyata banyak sekali jasa-jasa baru yang diperlukan sebagai
sarana pendukung aktivitas jual beli.
C.
Pengertian Web
Website adalah
sebuah media presentasi online untuk sebuah perusahaan atau individu. Website
juga dapat digunakan sebagai media penyampai informasi secara online.
Sebuah Website
statik, adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut
tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain
secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe
kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini,
mereka adalah :
1.
Elemen
(1) Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah
didalam program editor tersebut.
2.
Elemen
(2) WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver,
dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML
ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
3.
Elemen
(3) Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana,
editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke
server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka
dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau
obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat
situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.
D. Pengertian CMS (Content Management System)
Content Management System (CMS) adalah sebuah sistem yang dapat membuat, mengatur, medestribusikan, mempublikasikan dan menjaga informasi perusahaan atau institusi, dimana admin tidak harus mengetahui tag HTML untuk menjalankanya. Penggunaan CMS juga bermacam-macam, berikut diantaranya :
a) Mengelola website pribadi atau lebih dikenal dengan blog
b) Mengelola website perusahaan/bisnis.
c) Portal atau website komunitas.
d) Galeri foto, dan lain sebagainya.
e) Forum.
f) Aplikasi E-Commerce, dll.
A.
INFASTRUKTUR
YANG DIPERLUKAN
Hardware yang
diperlukan antara lain adalah sebagai berikut:
Hardware
|
Keterangan
|
Komputer
|
Dengan
spesifikasi minimal pentium IV. RAM minimal 256 MB, Harddisk minimal 70 GB,
VGA Card Minimal 4 MB
|
Modem
/ WiFi
|
Agar
dapat terhubung dengna internet
|
Router
|
Untuk
memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan
khusus
|
Kabel
UTP
|
Sebagai
penghunbung antar komputer
|
Switch
Hub
|
Untuk
menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan
tertentu
|
Ethernet
Card
|
Sebagai
kartu antar muka jaringan transmisi data komputer yang terkoneksi
|
Dalam Proses
perancangan sistem e-bisiness yakni dengan website memerlukan beberapa
software. Software itu sendiri befungsi sebagai alat pendukung sebelum
membuat suatu website. Software yang diperlukan antara lain adalah:
Software
|
Operating
system Windows 8
|
XAMPP 2.5
Instaler
|
Mozilla
Firefox ( sebagai web browser)
|
Openchart (
Sebagai Content Management System)
|
WinBar
|
Internet
Download Manager
|
Adobe
Photoshop
|
Corel Draw
(guna mendesain produk)
|
A.
ANALISA KEUANGAN
Analisa keuangan
dari berbagai barang maupun bahan yang dibutuhkan antara lain adalah sebagai
berikut:
- Hosting
Fitur Hosting
|
Paket Standard
|
Disk Space
Bandwidth
Email Account
MySOL Database
Park Domain
Addon Domain
Sub Domain
FTP Account
Domain Gratis
|
500 MB
50 GB
15
4
Unlimited
Unlimited
Unlimited
Unlimited
-
|
HARGA
|
|
Per Bulan
Per 3 Bulan
Per 6 Bulan
1 Tahun
|
-
45.000
80.000
150.000
|
- Biaya Hosting
Yang
Dibutuhkan
|
Anggaran
|
Komputer
|
Rp
4.500.000,-
|
Modem
/ Intenet Speedy
|
Rp
500.000,-
|
Router
|
Rp
300.000,-
|
Kabel
UTP
|
Rp
50.000,-
|
Switch
Hub
|
Rp
200.000,-
|
Ethernet
Card
|
Rp
110.000,-
|
Biaya
pengiriman
|
Rp
50.000,-
|
Biaya
pemasangan
|
Rp
200.000,-
|
Lain-lain
|
Rp
50.000,-
|
Jumlah
|
Rp
5.960.000,-
|
- Biaya Domain
Ekstensi Domain
|
Register
|
Reseller
|
.com, .org, .biz, .info, .name,
.us
|
120.000
|
117.000
|
.net
|
125.000
|
122.000
|
.tv
|
336.000
|
333.000
|
.me
|
324.000
|
321.000
|
.mobi
|
342.000
|
339.000
|
.asia
|
180.000
|
177.000
|
.co.uk, .org.uk, .me.uk
|
120.000
|
117.000
|
.eu
|
120.000
|
117.000
|
.in
|
150.000
|
147.000
|
.co.in, .net.in, .org.in
|
120.000
|
117.000
|
.cc
|
310.000
|
307.000
|
.ws
|
216.000
|
213.000
|
.bz
|
306.000
|
303.000
|
.mn
|
480.000
|
477.000
|
Biaya hosting dan
domain belum termasuk NNP 10%.
C.
ANALISA KEBUTUHAN FUNGSIONAL
Kebutuhan
fungsional biasanya menunjukkan fasilitas apa yang dibutuhkan serta aktivitas
apa saja yang terjadi dalam sistem baru atau dapat disebut juga dengan
kebutuhan pengguna (user requirement). Kebutuhan ini meliputi kebutuhan
informasi yang memberikan informasi kepada calon pembeli. Informasinya berupa
profil UKM, daftar produk terbaru maupun lama yang dipasarkan beserta harga
produknya, cara pemesanan produk, dan tarif pengiriman produk. Kebutuhan
fungsional sistem juga meliputi kebutuhan pengguna (User) yaitu admin,
operator, dan pengunjung.
D.
KEBUTUHAN NON FUNGSIONAL SISTEM
Analisis
ini berhubungan dengan kebutuhan operasional yang digunakan untuk membangun dan
mengoperasikan sistem, meliputi Kebutuhan Perangkat Keras yang digunakan untuk
membangun dan menjalankan sistem serta Kebutuhan Perangkat Lunak seperti Sistem
Operasi Windows 7, Adobe Photoshop CS3, Adobe Dreamweaver 8, XAMPP, Notepad ++,
Browser seperti IE, Opera, Mozilla Firefox.
E.
RANCANGAN DESAIN WEB
Untuk rancangan desain
web sendiri mungkin akan seperti ilustrasi di bawah ini:
Keterangan :
1. Nama
perusahaan atau UKM yang bernama “Bakpia YUMNA”
2. Merupakan
tombol Home, serta tombol navigasi lain mengenai produk, dan lain-lain
3. Merupakan
suatu tombol searching untuk mencari produk
4. Kolom
yang bergambar flash dari proses pembuatan macam macam bakpia dan kue basah
5. Kolom
yang berisi kategori produk secara ringkas
6. Kolom
yang berisi tentang macam macam produksi serta prosesnya
7. Kolom
yang berisi data, gambar, dan nama produk secara mendetail yang telah dicari serta terdapat galeri foto dan lain-lain
8. Contact
Us
What's the best casino near me? - JTGHub
BalasHapusA casino near me. Our 강릉 출장마사지 vision is simple, and we will 춘천 출장안마 do what we can 과천 출장샵 to make 광양 출장안마 your experience more enjoyable. We provide comprehensive casino 경상북도 출장마사지 information,