I LOVE ADVENTURE

I LOVE ADVENTURE

Kamis, 06 November 2014

Posted by Unknown | File under :


LAPORAN
“RANCANGAN PERENCANAAN E-BUSINESS UKM BAKPIA YUMNA”










Disusun Oleh:
RIZAL LAZUARDI
13.0101.0122




FAKULTAS EKONOMI
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAGELANG
2014


BAB I. PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

            Di tengah semakin majunya dunia teknologi dan semakin banyaknya kebutuhan akan pelayanan dalam dunia bisnis untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan melengkapi aplikasi dalam suatu organisasi maka di lahirkanlah tren e-business. Berbagai konsumen baik dari kalangan menengah hingga atas selau menuntut adanya controling kualitas dari barang  yang diproduksi. Selain dari perusahaan yang menyediakan kebutuhan untuk masyarakat, ada juga Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang menyediakan barang ataupun jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.
            Perkembangan bakpia sebagai komoditi dagang di industri makanan dan kuliner berkembang pesat di Magelang, sehingga industri bakpia sebagai industri kuliner pun berkembang mengikuti permintaan konsumen yang juga semakin meningkat. Dampak positif dari perkembangan ini juga meningkatnya jumlah usaha kecil menengah (UKM) yang memproduksi bakpia, dimana keberadaan UKM ini membantu menciptakan lapangan pekerjaan tersendiri. Dengan memiliki tempat usaha di daerah magelang, pemasaran masih menggunakan cara yang sangat sederhana dan dengan media sales / pengiriman ke pasar-pasar atau ke konsumen, dengan cara itu maka pemasaran tidak lah efektif.
            Karena pada era ini perkembangan Information Technology (IT) mempunyai pengaruh yang cukup besar, Maka dari itu pembuatan website untuk media penjualan merupakan media yang sangat tepat untuk dijadikan media promosi produk suatu perusahaan atau UKM itu sendiri. Dengan adanya e-commerce yang ada nantinya, akan mempermudah baik konsumen maupun produsen atau pemilik toko tersebut. Sebut saja sebagai contoh, biaya operasional dapat lebih murah dan manajemen dalam perdagangan produk lebih efektif dan efisien.

B.     Rumusan Masalah
  • Apa sajakah yang dibutuhkan dalam pembuatan sistem penjualan dengan media online?
  • Berapakah perkiraan biaya yang dibutukan?
  • Bagaimana bentuk rancangan website sebagai media promosi kue basah UKM BAKPIA YUMNA yang lebih efktif dan efisien?
C.     Tujuan

  • Memudahkan konsumen untuk mendapatkan kue basah UKM BAKPIA YUMNA dengan adanya web yang tersedia
  • Memperluas jangkauan pemasaran dan konsumen melalui internet.   
  • Mengimplementasikan E-business dalam segi pelayanan konsumen, keamanan, transaksi penjualan dan pembelihan hingga pengiriman barang.
BAB II. TINJAUAN PUSTAKA
                       
A.       Pengertian E-Business
E-Bisiness adalah Penggunaan teknologi elektronik pada transaksi bisnis.E-Business merupakan kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis (baik individual maupun instansi).

B.     E-Commerce
·         Pengertian E-Commerce
Adalah penyebaran, pembelian, penjualan,  pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-commerce dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Industri teknologi informasi melihat kegiatan e-commerce ini sebagai aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berkaitan dengan transaksi komersial, seperti: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pemasaran elektronik (e-marketing), atau pemasaran online (online marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), dll.

·         Ruang Lingkup E-Commerce
Merupakan lingkup aktivitas perdagangan secara elektronik dalam arti luas serta terpenting dan terbesar dari e-business adalah ecommerce, dimana berbagai aktivitas transaksi jual beli dilakukan melalui medium internet.
Salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk dapat mengerti batasan-batasan dari sebuah e-commerce adalah dengan mencoba mengkaji dan melihat fenomena bisnis tersebut dari berbagai dimensi, yaitu :
a)      Teknologi
Kontributor terbesar yang memungkinkan terjadinya e-commerce adalah teknologi informasi, karena jual beli di dunia maya terbentuk karena terhubungnya berjuta-juta komputer ke dalam sebuah jaringan raksasa (internet).
b)      Marketing dan “New Consumer Processes”
Dari segi pemasaran Melalui e-commerce jangkauan sebuah perusahaan menjadi semakin luas karena yang bersangkutan dapat memasarkan produk dan jasanya ke seluruh dunia tanpa memperhatikan batasan-batasan geografis.
c)      Electronic Linkage
Dengan adanya e-commerce, maka dua buah divisi dapat bekerja sama secara efisien.
d)     Information Value Adding
Di dalam e-commerce, bahan baku yang paling penting adalah informasi. proses pertambahan nilai (value adding processes) menjadi kunci terselenggaranya sebuah mekanisme e-commerce.
e)      Market-Making
Keberadaannya secara langsung telah membentuk sebuah pasar perdagangan tersendiri yang mempertemukan berjuta-juta penjual dan pembeli di sebuah pasar digital maya (e-market).
f)       Service Infrastructure
Konsep e-commerce ternyata tidak hanya membuahkan mekanisme transaksi jual beli, namun ternyata banyak sekali jasa-jasa baru yang diperlukan sebagai sarana pendukung aktivitas jual beli.

C.    Pengertian Web
Website adalah sebuah media presentasi online untuk sebuah perusahaan atau individu. Website juga dapat digunakan sebagai media penyampai informasi secara online.
Sebuah Website statik, adalah salah satu bentuk website yang isi didalam website tersebut tidak dimaksudkan untuk di update secara berkala, dan biasanya di maintain secara manual oleh beberapa orang yang menggunakan software editor. Ada 3 tipe kategori software editor yang biasa dipakai untuk tujuan maintaining ini, mereka adalah :
1.      Elemen (1) Penyunting teks. Contohnya adalah Notepad atau TextEdit, dimana HTML diubah didalam program editor tersebut.
2.      Elemen (2) WYSIWYG editor. Contohnya Microsoft Frontpage dan Macromedia Dreamweaver, dimana situs di edit menggunakan GUI (Graphical User Interface) dan format HTML ini secara otomatis di generate oleh editor ini.
3.      Elemen (3) Editor yang sudah memiliki templat, contohnya Rapidweaver dan iWeb, dimana, editor ini membolehkan user untuk membuat dan mengupdate websitenya langsung ke server web secara cepat, tanpa harus mengetahui apapun tentang HTML. Mereka dapat memilih templat yang sesuai dengan keinginan mereka, menambah gambar atau obyek, mengisinya dengan tulisan, dan dengan sekejap mereka sudah dapat membuat situs web tanpa harus melihat sama sekali kode-kode HTML.

D.    Pengertian CMS (Content Management System)
Content Management System (CMS) adalah sebuah sistem yang dapat membuat, mengatur, medestribusikan, mempublikasikan dan menjaga informasi perusahaan atau institusi, dimana admin tidak harus mengetahui tag HTML untuk menjalankanya. Penggunaan CMS juga bermacam-macam, berikut diantaranya :
a)      Mengelola website pribadi atau lebih dikenal dengan blog
b)      Mengelola website perusahaan/bisnis.
c)      Portal atau website komunitas.
d)     Galeri foto, dan lain sebagainya.
e)      Forum.
f)       Aplikasi E-Commerce, dll.


A.    INFASTRUKTUR YANG DIPERLUKAN
Hardware yang diperlukan antara lain adalah sebagai berikut:

Hardware
               Keterangan
Komputer
Dengan spesifikasi minimal pentium IV. RAM minimal 256 MB, Harddisk minimal 70 GB, VGA Card Minimal 4 MB
Modem / WiFi
Agar dapat terhubung dengna internet
Router
Untuk memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus
Kabel UTP
Sebagai penghunbung antar komputer
Switch Hub
Untuk menghubungkan jalur komunikasi data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tertentu
Ethernet Card
Sebagai kartu antar muka jaringan transmisi data komputer yang terkoneksi

Dalam Proses perancangan sistem e-bisiness yakni dengan website memerlukan beberapa software. Software itu sendiri befungsi sebagai alat pendukung sebelum  membuat suatu website. Software yang diperlukan antara lain adalah:

Software
Operating system Windows 8
XAMPP 2.5 Instaler
Mozilla Firefox ( sebagai web browser)
Openchart ( Sebagai Content Management System)
WinBar
Internet Download Manager
Adobe Photoshop
Corel Draw (guna mendesain produk)












A.    ANALISA KEUANGAN
Analisa keuangan dari berbagai barang maupun bahan yang dibutuhkan antara lain adalah sebagai berikut:
  • Hosting
Fitur Hosting
Paket Standard
Disk Space
Bandwidth
Email Account
MySOL Database
Park Domain
Addon Domain
Sub Domain
FTP Account
Domain Gratis

500 MB
50 GB
15
4
Unlimited
Unlimited
Unlimited
Unlimited
-

HARGA
Per Bulan
Per 3 Bulan
Per 6 Bulan
1 Tahun

-
45.000
80.000
150.000



















  • Biaya Hosting
Yang Dibutuhkan
Anggaran
Komputer
Rp 4.500.000,-
Modem / Intenet Speedy
Rp    500.000,-
Router
Rp    300.000,-
Kabel UTP
Rp      50.000,-
Switch Hub
Rp    200.000,-
Ethernet Card
Rp    110.000,-
Biaya pengiriman
Rp      50.000,-
Biaya pemasangan
Rp    200.000,-
Lain-lain
Rp      50.000,-
Jumlah
Rp 5.960.000,-
  • Biaya Domain
Ekstensi Domain
Register
Reseller
.com, .org, .biz, .info, .name, .us
120.000
117.000
.net
125.000
122.000
.tv
336.000
333.000
.me
324.000
321.000
.mobi
342.000
339.000
.asia
180.000
177.000
.co.uk, .org.uk, .me.uk
120.000
117.000
.eu
120.000
117.000
.in
150.000
147.000
.co.in, .net.in, .org.in
120.000
117.000
.cc
310.000
307.000
.ws
216.000
213.000
.bz
306.000
303.000
.mn
480.000
477.000
  Biaya hosting dan domain belum termasuk NNP 10%.

 C. ANALISA KEBUTUHAN FUNGSIONAL
Kebutuhan fungsional biasanya menunjukkan fasilitas apa yang dibutuhkan serta aktivitas apa saja yang terjadi dalam sistem baru atau dapat disebut juga dengan kebutuhan pengguna (user requirement). Kebutuhan ini meliputi kebutuhan informasi yang memberikan informasi kepada calon pembeli. Informasinya berupa profil UKM, daftar produk terbaru maupun lama yang dipasarkan beserta harga produknya, cara pemesanan produk, dan tarif pengiriman produk. Kebutuhan fungsional sistem juga meliputi kebutuhan pengguna (User) yaitu admin, operator, dan pengunjung.

 D. KEBUTUHAN NON FUNGSIONAL SISTEM
Analisis ini berhubungan dengan kebutuhan operasional yang digunakan untuk membangun dan mengoperasikan sistem, meliputi Kebutuhan Perangkat Keras yang digunakan untuk membangun dan menjalankan sistem serta Kebutuhan Perangkat Lunak seperti Sistem Operasi Windows 7, Adobe Photoshop CS3, Adobe Dreamweaver 8, XAMPP, Notepad ++, Browser seperti IE, Opera, Mozilla Firefox.

 E. RANCANGAN DESAIN WEB

     Untuk rancangan desain web sendiri mungkin akan seperti ilustrasi di bawah ini:

    Keterangan :
1.      Nama perusahaan atau UKM yang bernama “Bakpia YUMNA”
2.      Merupakan tombol Home, serta tombol navigasi lain mengenai produk, dan lain-lain
3.      Merupakan suatu tombol searching untuk mencari produk
4.      Kolom yang bergambar flash dari proses pembuatan macam macam bakpia dan kue basah
5.      Kolom yang berisi kategori produk secara ringkas
6.      Kolom yang berisi tentang macam macam produksi serta prosesnya
7.     Kolom yang berisi data, gambar, dan nama produk secara mendetail yang telah dicari serta terdapat galeri foto dan lain-lain
8.      Contact Us











1 komentar:

  1. What's the best casino near me? - JTGHub
    A casino near me. Our 강릉 출장마사지 vision is simple, and we will 춘천 출장안마 do what we can 과천 출장샵 to make 광양 출장안마 your experience more enjoyable. We provide comprehensive casino 경상북도 출장마사지 information,

    BalasHapus