Pengertian
B2C atau merupakan kepanjangan dari Business
to Consumer adalah bentuk jual-beli produk atau jasa yang melibatkan
perusahaan penjual dan konsumen akhir yang dilakukan secara elektronis. Atau
lebih tepatnya B2C adalah suatu aktivitas E-businesses dalam pelayanan
secara langsung kepada konsumen melalui barang atau jasa, yang dapat
diistilahkan dengan transaksi pasar.
Karakteristik
- Terbuka untuk umum, dimana informasi disebarkan untuk umum.
- Servis yang diberikan bersifat umum dengan mekanisme yang dapat digunakan oleh banyak orang, contohnya: karena sistem WEB sering digunakan maka servis diberikan dengan menggunakan basis WEB.
- Servis diberikan berdasarkan permohonan . dalam kondisi ini, customers memberikan suatu ide (inisiatif) dan produser harus siap memberikan respon sesuai dengan permohonan.
- Transaksi sederhana
Beberapa kelebihan dari B2C adalah sebagai
berikut :
- Konsumen dapat mempelajari produk yang ditawarkan yang telah dipublikasi pada media internet
- Membeli dengan electronic cash & sistem secure payment
- Meminta agar barang yang dipesan, dapat dikirimkan pada pihak yang terkait (delivery) yang tentunya dengan biaya yang sudah disepakati oleh kedua belah pihak.
- Harga yang diajukan masih bisa dinegosiasikan serta dapat dilakukan dengan mudah dan cepat dikarenakan kita cukup mengakses suatu website tertentu.
- Media pembayaran yang digunakan berupa kartu kredit.
Manfaat B2C terhadap travel and tourism yaitu :
- Mempermudah dalam memberikan informasi antara pemilik travel dan calon costumer mengenai semua hal yang berhubungan dengan travel ( seperti harga tiket, harga hotel,dll)
- Memberikan akses yang mudah kepada calon wisatawan tentang informasi daerah wisata yang akan mereka kunjungi.
- Membantu pemilik travel untuk mengembangkan bisnisnya karena pemilik travel bisa mendesign tampilan web yang menarik dan berkualitas sehingga mampu menarik konsumen lebih banyak
- Memberikan gambaran singkat tentang lokasi dan pemandangan yang berada di tempat tujuan objek wisata.
Keuntungan dan
Kerugian/Kelemahan Business to Consumer (B2C)
Keuntungan Business to
Consumer (B2C) bagi company atau perusahaan adalah:
- Dapat mempromosikan produk mereka secara luas.
- Dapat melayani transaksi selama 24 jam penuh tanpa terganggu waktu libur ataupun break.
- Dapat langsung berinteraksi dengan customers tanpa perantara.
- Dapat meminimalkan cost yang dikeluarkan.
Keuntungan Business to
Consumer (B2C) bagi customers adalah:
- Dapat melakukan pembelanjaan dengan mudah.
- Memiliki banyak pilihan dan waktu utnuk menentukkan yang disukai.
Kelemahan
- Produk yang kita order tidak dapat kita lihat secara langsung dan kita teliti (periksa) lebih lanjut.
- Produk yang kita lihat di website, terkadang tidak sesuai seperti aslinya. Maksudnya ada perbedaan bentuk, warna, ukuran dan lain sebagainya.
0 komentar:
Posting Komentar